Selasa, 10 Januari 2012

Desain.Oh.Desain

google.com
Desain is design. Hehe.
Dari dulu saya harus berfikir keras merangkai kalimat awal setiap postingan blog saya.

Aah, sudahlah.

Lanjuut...

Sebagai orang awam, saya mengartikan desain sebagai suatu proses kerja kreatif.
Cuma itu?
Enggak lah. Menurut saya desain itu bukan hanya jago gambar, bisa mengoperasikan komputer grafis, dan jago bikin ilustrasi digital yang membuat saya iri setengah mati (karena sampai sekarang saya masih belajar, yang artinya saya tidak jago bikin ilustrasi digital -_-). Tapi kalo desain itu nggak ada maknanya, sama aja boong. Pesan yang dikomunikasikan secara visual harus dapat tersampaikan dengan baik dan tentunya harus kreatif. 

Susah??
Susah-susah-gampang. Susahnya dua kali, gampangnya cuma sekali. Saya bisa bilang begitu karena saya pernah mencoba untuk membuat konsep desain. Dan saya ngerasain gimana ribetnya menyusun konsep dengan sekreatif dan semenarik mungkin tapi pesan saya dapat tersampaikan dan dimengerti. Aduuh. Benar-benar membutuhkan waktu lama. Itu baru buat konsep desainnya.
Kebetulan, kelas saya (Penerbitan) berhadap-hadapan dengan kelas Desain Grafis/DG. Dan saya sering memperhatikan manusia-manusia kreatif itu mengerjakan tugas yang menurut saya....
Aneh.
Nirmana lah, pokoknya saya nggak ngerti. Tapi ke-aneh-an itu malah membuat saya tertarik. Hehehe.
Status facebook teman-teman saya yang mahasiswa Desain Grafis juga memperlihatkan kegalauan hati mereka karena tugas yang aneh (menurut saya) dan seabrek. Pusing, bingung, butek, mungkin itu yang ada di benak anak Desain. Mungkin...   

Oke. Back to the topic. Intinya desain itu nggak gampang. Siapapun yang bilang desain itu gampang, tuh orang dewa banget. Susah masbro... Tapi kalo kata anak DG sih dibawa enjoy aja kalo ngerjain desain. Soalnya kalo dibawa susah, yaaa bakal susah. Hahaha.

Buat kalian yang suka mendesain, punya project mendesain produk atau apalah, dan untuk teman-teman kelas Desain Grafis, semangaat yo untuk kalian!!! =D  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar